RajaKomen

4 Langkah ini Bisa Membuat Packing Makanan Jadi Lebih Unik dan Menarik

22 Jul 2021  |  265x | Ditulis oleh : Admin
Packaging Makanan Unik

Packaging makanan unik hadir karena kemajuan teknologi dan juga kebutuhan para UMKM dalam memperbaiki packing makanan agar tidak ketinggalan zaman. Tentunya ini akan sangat berpengaruh pada penjualan produk kamu di masa yang akan datang. Dengan packaging makanan yang unik dan berbeda dari yang lain tentu akan membuat jualan kamu bisa bertahan. Apalagi jika packaging makanan unik tersebut sudah mengikuti trend saat ini, pastinya brand kamu akan tetap diminati dan makin bertambah jumlah konsumennya.

Kemasan dapat dikatakan berperan sebagai garda terdepan penjualan. Karena kemasan adalah hal pertama yang dilihat dan dikenali oleh konsumen, sebelum mereka benar-benar mengenal dan mencoba produk yang ada di dalamnya. Agar bisa menentukan seperti apa packaging makanan unik yang bisa kamu terapkan pada brand kamu, kamu bisa coba menerapkan beberapa tips berikut. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Menggunakan warna yang solid

Salah satu tren packaging makanan unik di tahun 2021 ini adalah menggunakan warna solid yang fresh. Dimana hanya ada satu warna yang digunakan. Kamu bisa memilih jenis warna yang bright dan bold agar bisa langsung memancing perhatian konsumen, dan tampak lebih menonjol ketika disandingkan dengan produk dari brand lain.

2. Menyelipkan cerita

Saat ini konsumen memiliki tingkat keingintahuan yang lebih besar. Mereka tidak hanya ingin mengonsumsi produk kamu saja. Namun mereka pun ingin mengetahui tentang bagaimana produkmu diolah, darimana kamu mendapatkan bahan baku, apa value dari brand kamu. Hal-hal tersebut tentunya bisa kamu selipkan dalam kemasan untuk menciptakan packaging makanan unik.

Untuk melakukan branding yang efektif, kamu bisa menuangkan cerita tentang brand atau produk yang kamu buat. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan maskot agar packaging makanan unik dan brand kamu melekat di ingatan konsumen. Pembuatan maskot ini pun tentunya harus kamu sesuaikan dengan target konsumen agar bisa tampak lebih menarik dan membuat mereka menginginkan produk yang kamu jual.

3. Penggunaan nama produk di bagian depan dan tengah kemasan

Dibandingkan dengan memakai logo sebagai highlight utama, salah satu cara lain yang bisa kamu coba untuk membuat packaging makanan unik adalah dengan menggunakan nama produk di bagian depan dan tengah kemasan. Kamu bisa menerapkan cara ini dengan font juga tipografi agar tampilannya terlihat lebih menarik. Pastikan juga kalau ukuran yang kamu gunakan sudah tepat dan bisa dilihat dari kejauhan oleh konsumen.

4. Memakai ilustrasi produk

Buatlah konsumen bisa membayangkan produk yang kamu jual hanya dengan melihat kemasannya saja. Untuk membuatnya menjadi packaging makanan unik, kamu bisa memakai ilustrasi kecil yang menggambarkan produk kamu. Selain bisa menunjukan isi produk, hal ini pun dapat menambah nilai artistik pada kemasan yang kamu gunakan.

4 tips tadi akan sangat membantu kamu dalam menentukan packaging makanan kamu yang tentunya akan semakin unik dan menarik.

Untuk menentukan ide packaging makanan yang menarik seperti apa, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu pada brand kamu sendiri, konsumen, juga pada kompetitor dari brand kamu. Hal-hal tersebut perlu dilakukan agar kamu bisa membuat kemasan yang sesuai dengan brand kamu dan pastinya bisa menjadi juara di persaingan dengan kompetitor.

Di tahun 2021 ini, ada beragam macam ide packaging makanan yang bisa kamu coba aplikasikan pada brand kamu. Salah satunya adalah menambahkan QR code pada desain kemasanmu. Dengan ditambah kreativitas, kamu bisa menghasilkan kemasan yang amazing dan pastinya memikat perhatian konsumen. Keunggulan kemasan dengan QR code ini nantinya para konsumen hanya tinggal menscan QR code tersebut, lalu akan muncul berbagai informasi tentang produk kamu tersebut. Tentu ini juga akan sangat membantu untuk kamu yang sudah memilih kemasan yang berukuran kecil, dan sudah tidak muat lagi untuk mencetak tulisan di kemasan tersebut.

Jika kita kreatif pastinya bukan hanya ide menambahkan QR code saja yang bisa ditemukan, mungkin akan ada hal baru lainnya dalam menentukan packaging makanan unik di tahun ini.

Baca Juga: