Tryout.id

5 Manfaat Homeschooling yang Harus Orang Tua Ketahui

18 Jun 2021  |  128x | Ditulis oleh : Admin
5 Manfaat Homeschooling yang Harus Orang Tua Ketahui

Homeschooling menjadi pilihan banyak  orang tua di Indonesia dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini. Peningkatan kasus perundungan di berbagai sekolah di Indonesia memang semakin mengkhawatirkan. Ditambah dengan adanya pandemi yang tak kunjung usai, para orang tua menjadi semakin khawatir untuk menyekolahkan anaknya disekolah umum.

Meski kasus ini tidak terjadi di semua sekolah, tetapi banyak orang tua merasa khawatir melepas anak. Memang, tidak semua orang tua dengan serta merta memilih metode homeschool, meski ada kekhawatiran bahwa sang anak dapat menjadi korban kekerasan. Jika saat ini Anda masih bingung, coba simak 5 manfaat metode sekolah dari rumah yang dapat menjadi bahan pertimbangan.

1. Perlindungan Total

Tidak dapat dipungkiri bahwa sedikit banyak ada unsur negatif atau hal yang tidak sesuai dengan pengajaran anda di rumah, saat anak bersekolah di sekolah umum. Semua orang tua pasti mendidik anaknya dengan benar.

2. Sistem Pendidikan

Beberapa orang tua merasa tidak sejalan dengan kurikulum yang berlaku saat ini. Terutama jika orang tua sering berpindah pekerjaan di berbagai kota. Homeschooling sangat disarankan untuk kondisi seperti ini.

3. Orang Tua Pegang Kendali

Berbeda dengan sistem pendidikan umum,orang tua benar-benar memegang  kendali atas tumbuh kembang anak sekaligus dapat memonitor semua yang dipelajari oleh anak selama proses belajar mengajar.

4. Anak Berpikir Lebih Kritis

Sistem pendidikan konvensional memicu anak untuk berpikir secara teori dan berfokus pada kompetisi meraih nilai akhir. Sedangkan metode homeschool memacu siswa untuk lebih inovatif serta mengembangkan kreativitasnya.

5. Fleksibilitas Waktu

Homeschool sesuai untuk anak-anak yang memiliki prestasi non akademik, seperti atlet, musisi dan banyak lagi. Dengan memilih metode homeschool, mereka lebih fokus dengan kegiatan yang dapat mendongkrak prestasi serta terus mengasah kemampuan mereka.

Memang, ada kemungkinan bahwa anak tidak memiliki teman yang cukup banyak jika mereka tidak bersekolah di sekolah umum. Tetapi, banyak penyedia layanan homeschool yang menyediakan hari khusus untuk beraktivitas bagi semua murid, sehingga semua murid dapat berkenalan. Nah, setelah membaca manfaat homeschooling tersebut, pilihan metode pendidikan mana yang terbaik bagi anak Anda? Silahkan tentukan sendiri.

Baca Juga: