MU

Lebih Jauh Mengenal Indikator Fear and Greed Index Untuk Strategi Jual Beli Aset Cryptocurrency

21 Nov 2021  |  98x | Ditulis oleh : Admin
Pintu.co.id

Fear and Greed Index bagi sebagian orang yang awam dalam dunia investasi online memang tidak akan terlalu memperhatikan kata tersebut. Tapi bagi mereka yang sudah lama terjun dan berinvestasi di aset crypto tentu pernah mendengarnya. Apalagi bagi mereka yang sering melakukan transaksi jual beli aset cryptocurrency, tentunya kalimat fear and greed Index sudah sering terdengar di media sosial dan juga sering di bicarakan di komunitas crypto.

Sebelum membahas tentang apa itu fear and greed index, sebaiknya kita ketahui dulu apa sih crypto dan cryptocurrency itu?

Crypto adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol proses pembuatan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset.

Contoh mata uang crypto yang sudah terkenal saat ini adalah bitcoin , selain bitcoin masih ada ribuan mata uang kripto, di antaranya ehtereum, litecoin, ripple, stellar, dogecoin, cardano, tether, monero, tron, dll. Mata uang crypto menggunakan kontrol terdesentralisasi sebagai lawan dari mata uang digital terpusat dan sistem perbankan sentral.

Sedangkan cryptocurrency adalah sistem pembayaran digital yang tidak bergantung pada bank untuk melakukan verifikasi transaksi.
Mata uang digital ini menjadi alat transaksi dengan sistem peer-to-peer yang memungkinkan siapa saja dan di mana saja bisa mengirim serta menerima pembayaran dengan mudah melalui jaringan internet. 

Saat melakukan pembayaran dengan cryptocurrency, transaksi akan tercatat dalam sistem bernama Blockchain. Blockchain adalah sistem pencatatan yang rumit dan tak terpusat, sehingga sangat sulit dibajak hacker.

Setelah mengetahui apa itu crypto dan cryptocurrency, mungkin kamu juga akan mulai tertarik untuk menggunakan mata uang crypto dan mulai berinvestasi jual beli aset crypto. Nah..agar kamu tidak salah melangkah dalam menjalankan atau berinvestasi di aset jual beli crypto, sebaiknya ikut menyimak tentang bagaimana strategi yang baik untuk jual beli aset crypto. Dan salah satunya adalah dengan Fear and Greed Index sebagai strategi jual beli aset cryptocurrency.

Pengertian Fear and Greed Index

Fear and Greed Index adalah skor yang menggambarkan sentimen pasar crypto dengan rentang skor mulai dari 0 hingga 100. Namun, perlu dicatat bahwa terlepas dari namanya, Crypto Fear & Greed Index hanya mengukur Bitcoin saja, bukan pasar aset kripto secara keseluruhan.

Kegunaan Fear and Greed Index

Fear and Greed Index berfungsi untuk mengingatkan atas reaksi berlebihan emosional kamu sendiri. Dengan melihat indikator tentunya kamu bisa lebih tahu apa yang harus dilakukan, apakah harus membeli aset atau malah harus menjualnya.

Ketika memutuskan apakah akan masuk atau keluar dari pasar kripto, Fear and Greed Index dapat menjadi salah satu acuan untuk mengatur strategi tradingkamu. Meski demikian, ada baiknya untuk tetap menggunakan teknik analisis lainnya dan tidak berpatokan kepada indeks ini saja.

Baca Juga: