Tryout.id

Perbedaan Antara Affiliate Marketing dan Link Referral Dalam Dunia Bisnis

28 Feb 2023  |  410x | Ditulis oleh : Admin
Perbedaan Antara Affiliate Marketing dan Link Referral Dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia pemasaran online, affiliate marketing dan link referral merupakan dua konsep penting yang seringkali digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan. Meskipun keduanya memiliki kesamaan, namun terdapat perbedaan mendasar antara keduanya. Artikel ini akan membahas perbedaan antara affiliate marketing dan link referral.

Definisi

Affiliate marketing adalah program pemasaran di mana seorang afiliasi (publisher atau affiliate marketer) mempromosikan produk atau layanan dari pihak lain (merchant atau advertiser) melalui tautan unik yang dilengkapi dengan kode pelacakan. Setiap kali ada penjualan atau tindakan lain yang diinginkan (seperti pendaftaran atau pengisian formulir), afiliasi akan menerima komisi dari merchant.

Sementara itu, link referral adalah tautan yang diberikan oleh seseorang untuk mengarahkan orang lain ke produk atau layanan tertentu. Link referral tidak selalu terkait dengan program afiliasi, dan biasanya tidak ada insentif finansial yang terkait.

Tujuan

Tujuan dari affiliate marketing adalah untuk memperoleh penghasilan dari komisi yang didapatkan dari setiap tindakan yang dilakukan oleh pelanggan melalui tautan afiliasi. Seorang afiliasi akan berusaha untuk mempromosikan produk atau layanan dengan cara yang paling efektif untuk menghasilkan penjualan atau tindakan lainnya yang diinginkan oleh merchant.

Sementara itu, tujuan dari link referral adalah untuk mengarahkan orang lain ke produk atau layanan yang dianggap bermanfaat atau menarik. Biasanya, link referral digunakan dalam konteks sosial, seperti saat seseorang merekomendasikan sebuah produk kepada teman-temannya di media sosial atau dalam percakapan sehari-hari.

Komisi

Dalam affiliate marketing, komisi dibayarkan kepada afiliasi berdasarkan tindakan yang dilakukan oleh pelanggan melalui tautan afiliasi. Komisi ini biasanya berupa persentase dari harga produk atau layanan yang terjual. Besar komisi dapat bervariasi tergantung pada merchant dan program afiliasi yang digunakan.

Sementara itu, dalam link referral, tidak ada komisi yang terkait dengan tautan tersebut. Orang yang memberikan tautan referral mungkin tidak mendapatkan insentif finansial apa pun untuk merekomendasikan produk atau layanan tertentu.

Jenis Program

Affiliate marketing memiliki berbagai jenis program, termasuk program pay-per-sale, pay-per-lead, dan pay-per-click. Setiap jenis program memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri, dan afiliasi dapat memilih program yang sesuai dengan strategi pemasaran mereka.

Sementara itu, link referral tidak terkait dengan program afiliasi tertentu dan tidak memiliki jenis program yang berbeda.

Keterlibatan Pihak

Affiliate marketing melibatkan tiga pihak: merchant, afiliasi, dan pelanggan. Merchant adalah pemilik produk atau layanan yang dipromosikan, afiliasi adalah orang yang mempromosikan produk atau layanan tersebut, dan pelanggan adalah orang yang melakukan tindakan yang diinginkan (seperti membeli produk).

Sementara itu, link referral melibatkan dua pihak: orang yang memberikan tautan referral (referrer) dan orang yang mengklik tautan tersebut (referred). Referrer memberikan tautan kepada referred untuk mengarahkan mereka ke produk atau layanan tertentu, dan referred dapat memilih untuk mengikuti tautan tersebut atau tidak. Tidak seperti dalam affiliate marketing, tidak ada peran merchant yang terlibat dalam link referral.

Target Audiens

Affiliate marketing biasanya ditargetkan kepada audiens yang lebih luas, termasuk orang-orang yang mungkin tidak mengenal merchant atau produknya sebelumnya. Afiliasi akan berusaha untuk menarik perhatian sebanyak mungkin orang untuk mengklik tautan afiliasi mereka.

Sementara itu, link referral biasanya ditargetkan kepada orang-orang yang sudah dikenal oleh referrer, seperti teman, keluarga, atau kolega. Referrer menggunakan hubungan yang sudah ada untuk merekomendasikan produk atau layanan tertentu kepada referred.

Kesimpulannya, affiliate marketing dan link referral memiliki perbedaan mendasar dalam definisi, tujuan, komisi, jenis program, keterlibatan pihak, dan target audiens. Meskipun keduanya digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan, mereka cocok untuk situasi dan strategi pemasaran yang berbeda. Penting untuk memahami perbedaan antara keduanya dan memilih strategi yang tepat untuk tujuan pemasaran Anda. 

Baca Juga: