RajaBacklink

7 Kuliner Ciri Khas Dari Maluku Yang Pasti Enak Dan Lezat

4 Mar 2021  |  73x | Ditulis oleh : Admin
7 Kuliner Ciri Khas Dari Maluku Yang Pasti Enak Dan Lezat

Kuliner nusantara memang sangat banyak sekali dan tidak akan pernah seslesai untuk dibahas, kali ini ada tujuh kuliner khas dari Kota Maluku yang sudah pasti enak dan sesuai dengan lidah masyarakat kita.

Maluku adalah satu wilayah yang berada di Indonesia yang dikelilingi oleh perairan. Maluku banyak dikunjungi oleh wisatawan karena pantai yang cantik serta beberapa kuliner yang lezat. Makanan khas maluku banyak berbahan dasar dari ikan karena letak geografis yang dikelilingi oleh perairan.

Makanan pokok rakyat maluku bukanlah nasi melainkan sagu sebagai makanan pokok. Untuk itu kamu yang penasaran apa saja kuliner khas maluku yang enak dan terkenal kami akan berikan informasinya dibawah ini. Simak ya guys !

1. Papeda

Makanan khas kota Maluku pertama yaitu Papeda. Kuliner satu ini berasal dari daerah Maluku Utara dan kuliner satu ini dijadikan makanan pokok masyarakat sekitar. Papeda adalah bubur sagu yang disajikan dengan ikan tongkol atau ikan mubara yang sudah dibumbui pedas. Bubur sagu memiliki tekstur lengket dan tawar.

2. Ikan Kuah Pala Banda

Kuliner selanjutnya yaitu Ikan Kuah Pala Banda. Kuliner ini wajib kamu coba ketika berkunjung ke Maluku. Kuliner ini berasal dari Maluku Tengah di daerah Banda. Kuliner lezat ini menggunakan ikan kerapu atau ikan kakap lalu diberikan bumbu dengan rempah yang sangat wangi. Rasanya asam berkolaborasi dengan rasa pedas. Sebetulnya kuliner ini dahulu disajikan untuk para pejabat Belanda. Sungguh menggugah selera saat kamu melihat makanan ini dan pasti ingin langsung mencobanya.

3. Ikan Asar

Ikan Asar adalah kuliner selanjutnya yang ada di kota Maluku. Ikan ini diolah secara sederhana yaitu di asap namun untuk rasa ikan ini sangat lezat. Ikan yang digunakan yaitu ikan cakalang dan ikan tuna. Ikan tersebut digunakan sebagai bahan baku karena daging lebih tahan ketika proses pembuatannya. Ikan Asar diproses dengan ditusuk oleh bambu dan proses pengasapan membutuhkan waktu selama satu jam. Dan ikan Asar ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh karena kadaluarsanya relatif lama.

4. Woku Komo-Komo

Woku Komo-komo adalah cemilan asin khas maluku yang terbuat dari sagu dan cocok di santap sebagai lauk makanan pokok.pada proses pembuatan cemilan ini dengan cara merendam sagu di dalam air dan diberikan bumbu agar lebih kaya akan citarasa. Setelah itu ditambahkan jeroan ikan dan juga air. Semua dimasak hingga matang. Setelah itu bawang putih dan bawang merah ditumis sampai nampak kecoklatan. Selanjutnya, menambahkan irisan daun bawang, merica, garam, dan santan kental. cemilan ini dimasukan kedalam daun yang berbentuk seperti lontong. Cemilan ini sangat cocok juga dibawa sebagai oleh-oleh untuk orang dirumah.

5. Acar Kuning

Acar kuning merupakan kuliner khas maluku dimana rebung menjadi bahan dasarnya. Isi acara ini yaitu rebung, daun salam, nanas, mentimun, cabai merah, bawah merah dan kecipir muda. Acar kuning bisa sebagai pelengkap makan bagi yang suka dengan acar-acaran.

6. Kue Bagea

Kuliner cemilan selanjutnya yaitu Kue Bagea. Kue ini sangat enak, renyah dan gurih. bentuknya berwarna bulat dan bertekstiur kering, berwarna krem karena dibuat dari sagu. Kue ini sangat populer di maluku dan makanan ini bisa ditemukan di pulai Makian. Saat menyantap kue ini disarankan ditemani dengan segelas kopi atau teh agar sensasinya lebih nikmat.

7. Bubur Sagu Ubi

Bubur sagu ubi adalah kuliner populer di maluku. Bubur ini terbuat dari sagu serta ubi. Rasanya manis dan cocok sebagai menu buka puasa. Bubur sagu ini diolah dari kenari, ubi merah, dan campuran sagu. Untuk menambah rasa gurih dan manis ditambahkan daun panda, santam, gula pasir dan gula merah.

Itulah beberapa makanan khas kota Maluku yang wajib kamu coba jika kamu akan atau sedang berkunjung di kota Maluku.

Baca Juga: