RajaKomen

Dokter Ungkap Ciri-Ciri Anak yang Menderita Obesitas

8 Jun 2024  |  30x | Ditulis oleh : Admin
Dokter Ungkap Ciri-Ciri Anak yang Menderita Obesitas

Gangguan obesitas pada anak telah menjadi perhatian serius bagi para orangtua dan tenaga medis di seluruh dunia. Seiring dengan perkembangan globalisasi, pola konsumsi makanan dan gaya hidup yang tidak sehat telah memberi kontribusi besar terhadap peningkatan kasus obesitas pada anak-anak. Dokter-dokter yang berpengalaman mengungkapkan bahwa mengidentifikasi ciri-ciri anak yang menderita obesitas sejak dini dapat membantu dalam mencegah risiko kesehatan yang serius di masa depan.

Salah satu ciri-ciri anak yang menderita obesitas adalah pertumbuhan berlebih yang tidak seimbang. Anak yang mengalami obesitas cenderung memiliki pertumbuhan berat badan lebih cepat daripada tinggi badan mereka. Menurut Dr. Lisa, seorang dokter anak di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, "Anak-anak yang menderita obesitas seringkali memiliki perbedaan yang signifikan antara berat badan dan tinggi badan mereka. Hal ini perlu mendapat perhatian lebih agar pertumbuhan anak dapat diawasi dengan baik."

Selain itu, ciri-ciri anak obesitas juga dapat dilihat dari gaya hidup dan pola makan mereka. Anak-anak yang menghabiskan banyak waktu di depan layar gadget atau televisi cenderung kurang bergerak, yang dapat menyebabkan penumpukan lemak di tubuh mereka. Dokter spesialis gizi anak, Dr. Michelle, menegaskan bahwa "pola makan yang tidak sehat seperti konsumsi makanan cepat saji dan minuman bersoda dapat menjadi faktor risiko utama bagi anak yang menderita obesitas."

Untuk balita, ciri-ciri anak sehat meliputi pertumbuhan dan perkembangan yang sesuai dengan usianya. Balita sehat biasanya memiliki berat badan dan tinggi badan yang seimbang, serta aktif dan lincah dalam bergerak. Dokter anak, Dr. Ahmad, menyarankan agar para orangtua memperhatikan pola makan dan aktivitas fisik anak balita mereka untuk mencegah obesitas sejak dini.

Dengan mengenali ciri-ciri anak obesitas, orangtua dan tenaga medis dapat bekerja sama dalam mencegah dan mengelola kondisi ini. Diharapkan dengan kesadaran akan pentingnya pola makan sehat dan gaya hidup aktif, generasi masa depan dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

Demi kepentingan SEO, artikel ini mengandung kata kunci "Ciri-Ciri Anak Obesitas", "tumbuh kembang anak", "ciri anak balita sehat".

Baca Juga: