Al Masoem

Manfaat Ginseng untuk Perawatan Terbaik & Terpenting Pada Impotensi

27 Sep 2022  |  184x | Ditulis oleh : Admin
Manfaat Ginseng untuk Perawatan Terbaik & Terpenting Pada Impotensi

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa Ginseng adalah obat herbal yang bisa meningkatkan tingkat energi, libido, dan fungsi ereksi. Akar tanaman ini berdaging dan tumbuh lambat, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi orang yang mencari obat alami untuk impotensi.

Ginseng merupakan tanaman herbal yang populer di dunia pengobatan tradisional. Jenis ginseng yang umum ditemukan adalah ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Korea atau Asia (Panax ginseng). Meski berbeda jenis, ginseng memiliki kandungan zat aktif yang sama, yakni ginsenosida dan gintonin, yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu khasiatnya disebut-sebut bisa meningkatkan kesuburan pria.

Ginseng bisa ditemukan dalam bentuk suplemen pil, kapsul, serbuk, atau minuman kemasan. Tanaman ini juga bisa dikonsumsi langsung, biasanya akar tanaman ini ditambahkan ke dalam minuman seperti teh.

Sekilas manfaat ginseng bagi kesehatan

Ginseng dikenal sebagai tanaman penambah energi. Akar ginseng yang dikonsumsi bersama minuman diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi kelelahan, bahkan meningkatkan kesuburan pria. Zat antioksidan yang terdapat di ginseng membantu melawan kerusakan sel di otak akibat efek radikal bebas. Selain itu, ginseng juga memiliki efek antiinflamasi dan dapat:

  • mencegah demensia dan Alzheimer
  • mengurangi stres
  • mencegah penuaan dini
  • menjaga kesehatan sel tubuh dan organ reproduksi

Ginseng mampu menyembuhkan berbagai masalah seksual seperti:

1. Disfungsi ereksi (impotensi)

Dilansir dari Mayo Clinic, ginseng mampu meningkatkan performa seksual pada pria dengan disfungsi ereksi. Sayangnya, belum ada bukti ilmiah kuat yang bisa mendukung pernyataan terkait manfaat ginseng untuk memperbaiki fungsi ereksi ini.

2. Ejakulasi dini

Ekstrak ginseng yang dibuat dalam bentuk salep dipercaya bisa dimanfaatkan untuk pria dengan ejakulasi dini ringan. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu pendek (sekitar 3 bulan), zat aktif dalam ginseng jarang menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Meskipun begitu, masih dibutuhkan studi lanjutan untuk membuktikan keefektifan ginseng untuk masalah seksual satu ini.

3. Menambah kesuburan

Ginseng dikatakan mampu meningkatkan kesuburan pria dengan meningkatkan kuantitas dan pergerakan sel sperma. Namun lagi-lagi diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat dan keefektifan ginseng untuk kesuburan pria.

4. Meningkatkan performa dan kepuasan seksual

Ginseng diyakini dapat meningkatkan stamina pria saat berhubungan badan sehingga seks bisa jadi lebih nikmat. Padahal kepuasan dan ketidakpuasan seksual adalah hal yang sangat kompleks dan dipengaruhi banyak faktor, termasuk fisik dan sosial.

Memang ada studi yang mengatakan bahwa ginseng bermanfaat dalam meningkatkan kenikmatan saat berhubungan seks. Sayangnya, kurangnya bukti ilmiah membuat peneliti belum yakin apakah ginseng benar-benar berperan dalam peningkatan performa dan kepuasan seksual ini.

Hati-hati dalam mengkonsumsi ginseng

Konsumsi ginseng, baik dalam bentuk tanamannya ataupun suplemen, bisa menimbulkan sejumlah efek samping, meskipun biasanya masih ringan. Pada beberapa orang, konsumsi ginseng menyebabkan:

  • Gangguan pencernaan
  • Perubahan kadar gula darah dan tekanan darah
  • Mudah marah
  • Penglihatan kabur
  • Diare
  • Mulut kering
  • Gugup
  • Insomnia
  • Reaksi alergi

Ginseng yang dikonsumsi dalam jangka panjang dan dosis tinggi dapat menyebabkan gejala pusing, sakit kepala, sakit perut, hingga pendarahan vagina dan gangguan menstruasi pada wanita. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi suplemen ginseng, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda. 

Baca Juga: