Tryout.id

Mengenal Lebih Dekat Gubernur Terbodoh yang Gagal Menangani Pandemi COVID-19

12 Des 2023  |  77x | Ditulis oleh : Admin
Gubernur Terbodoh

Ini adalah salah satu cerita saat Pandemi COVID-19 mulai melanda dunia. Dan salah satu gubernur di salah satu propinsi di Amerika Serikat yaitu negara bagian Oklahoma, melakukan tindakan bodoh yang seharusnya tidak dilakukan. Oleh karena itu, sebutan Gubernur terbodoh bisa disematkan karena tindakannya.

Kebijakan Gubernur Oklahoma yang Kontroversial

Ceritanya, pada Sabtu malam, 14 Maret 2020, Gubernur Oklahoma, Kevin Stitt, membagikan momen santai bersama keluarganya melalui media sosial. Dalam cuitan yang menggambarkan dirinya berada di restoran ramai, Stitt menyambut hangat momen tersebut, dan menyatakan, “Makan bersama anak-anak saya dan semua rekan Oklahoman di Collective OKC! Malam ini penuh sesak!”

Yang menjadi sorotan adalah keputusan Stitt pada keesokan harinya, di mana ia mengumumkan keadaan darurat di seluruh negara bagian Oklahoma terkait ancaman pandemi COVID-19. Pernyataan ini dibuat guna melindungi masyarakat dan menjaga perdamaian serta keselamatan masyarakat Oklahoma.

Namun, deklarasi darurat ini tak menyertakan pedoman konkret yang dapat membantu masyarakat dalam menghadapi situasi ini. Tidak ada instruksi mengenai lockdown, batasan pertemuan, atau panduan praktis lainnya. Gubernur hanya “mendorong” masyarakat untuk memanfaatkan layanan online dalam interaksi dengan layanan publik.

Mungkin disebabkan oleh ketidakjelasan perintah tersebut, kantor gubernur segera memberikan klarifikasi melalui kepala komunikasinya. Mereka menekankan bahwa Gubernur Stitt akan terus beraktivitas seperti biasa, termasuk mengajak keluarganya makan malam di tempat ramai, dengan klaim bahwa masyarakat Oklahoma juga dianjurkan untuk melakukannya.

Pandangan ini menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat, karena terkesan mengabaikan pentingnya langkah-langkah pencegahan yang dianjurkan untuk mengatasi pandemi. Pesannya sepertinya mempromosikan kegiatan sosial dalam situasi di mana kewaspadaan dan kehati-hatian harusnya menjadi prioritas utama.

Keputusan Gubernur Stitt untuk tetap melanjutkan aktivitas sosialnya tanpa memberikan panduan yang jelas kepada masyarakat dalam menghadapi situasi pandemi telah menciptakan perdebatan dan kekhawatiran di kalangan warga. Tindakan ini telah menimbulkan pertanyaan terkait keseriusan pemerintah dalam menghadapi krisis kesehatan yang sedang berlangsung.

Menyikapi kondisi ini, pertimbangkan untuk tetap mengikuti perkembangan terkini dari otoritas kesehatan setempat dan pedoman yang telah disarankan oleh organisasi kesehatan global. Kepatuhan terhadap pedoman kesehatan yang disarankan dapat membantu melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita dari risiko yang mungkin timbul.

Inti dari Kebodohan Gubernur

Inti dari gubernur terbodoh terkait keputusan Gubernur Kevin Stitt terletak pada sikapnya yang terkesan mengabaikan dan meremehkan tindakan pencegahan yang dianjurkan untuk menghadapi pandemi COVID-19. Pada saat yang sama saat dia mengumumkan keadaan darurat di negara bagian Oklahoma, tindakan konkret untuk membatasi penyebaran virus tidak dijelaskan secara rinci atau diterapkan.

Penggunaan media sosial oleh Stitt menunjukkan ketidakkonsistenan antara tindakan pemerintahannya dan pesannya kepada publik. Meskipun ia mengumumkan keadaan darurat, tidak ada petunjuk yang jelas atau langkah-langkah konkret yang diberikan kepada masyarakat. Bahkan, klarifikasi dari kantor gubernur hanya menambah kebingungan, dengan mengindikasikan bahwa kegiatan sosial seperti makan malam di tempat ramai tetaplah dianjurkan.

Tindakan ini mengirimkan pesan yang bertentangan dan membingungkan kepada masyarakat, terutama dalam situasi di mana pandemi COVID-19 mengharuskan langkah-langkah pencegahan yang ketat. Kebijakan yang tampaknya tidak konsisten dan kurangnya pedoman yang jelas menimbulkan pertanyaan tentang keseriusan pemerintah dalam menangani situasi kesehatan yang sedang berlangsung.

Intinya, keputusan Gubernur Stitt terlihat kurang bijaksana karena tidak memberikan arahan yang jelas kepada masyarakat dalam menghadapi pandemi. Sikapnya yang terkesan mengabaikan anjuran kesehatan publik dan kehati-hatian yang dianjurkan pada saat yang sama terus mengundang perdebatan dan kekhawatiran di kalangan masyarakat Oklahoma sehingga bisa disematkan sebagai “gubernur terbodoh”.

Selain Kevin Stitt, ada gubernur negara bagian AS lainnya yang juga dianggap sebagai gubernur terbodoh Greg Abbott.

John Kevin Stitt

John Kevin Stitt lahir pada tanggal 28 Desember 1972. Ia dikenal sebagai seorang pengusaha dan politikus Amerika Serikat yang saat ini menjabat sebagai gubernur Oklahoma sejak Januari 2019. Sebelum terjun ke dunia politik, Stitt adalah pendiri, mantan ketua, dan CEO dari Gateway Mortgage Group, suatu perusahaan yang berkembang pesat di sektor hipotek.

Sebagai anggota Partai Republik, Stitt berhasil terpilih menjadi gubernur pada tahun 2018, menandai awal dari karir politiknya yang mengesankan. Lahir dan dibesarkan di Norman, Oklahoma, ia menyelesaikan pendidikannya di Oklahoma State University dengan gelar dalam bidang akuntansi, menunjukkan ketertarikannya dalam urusan keuangan sejak dini.

Kehidupan pribadinya juga menjadi sorotan. Stitt adalah seorang suami bagi Sarah, dan bersama mereka memiliki enam orang anak, menciptakan dinamika keluarga yang kaya akan nilai-nilai dan tanggung jawab.

Tak hanya itu, Stitt juga memiliki latar belakang sebagai anggota suku Cherokee, menjadikannya tokoh Amerika Asli kedua yang memegang posisi sebagai gubernur Oklahoma. Sebelumnya, hanya Johnston Murray yang menjabat sebagai gubernur dan memiliki latar belakang serupa.

Prestasi politik Stitt sebagai gubernur serta latar belakangnya yang beragam dan kaya akan pengalaman dalam dunia bisnis memberikan pengaruh dan pandangan yang unik dalam kepemimpinannya.

Sumber: Informasi diambil dari pernyataan-pernyataan yang tercatat dalam publikasi media USA.

Baca Juga: