Tryout.id

Cara Mudah Mengatasi Gejala PMS dengan Obat Herbal Alami

8 Jun 2023  |  450x | Ditulis oleh : Admin
Cara Mudah Mengatasi Gejala PMS dengan Obat Herbal Alami

Sindrom pramenstruasi (PMS) adalah kondisi yang dialami oleh banyak wanita menjelang menstruasi mereka. Gejala PMS dapat bervariasi dari mulai perubahan mood, kram perut, sakit kepala, kelelahan, hingga perubahan nafsu makan. Meskipun PMS umum terjadi, tetapi tidak berarti Anda harus menderita tanpa penanganan. Salah satu cara mengatasi gejala PMS adalah dengan menggunakan obat herbal alami. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa obat herbal yang dapat membantu meredakan gejala PMS dengan cara yang mudah dan praktis.

Chamomile (kamomil)

Chamomile adalah herbal yang terkenal karena sifatnya yang menenangkan. Minum teh chamomile dapat membantu mengurangi stres, cemas, dan iritabilitas yang seringkali terkait dengan PMS. Minumlah secangkir teh chamomile setiap hari selama beberapa hari sebelum menstruasi Anda untuk merasakan manfaatnya.

Lavender (melati)

Minyak esensial lavender telah digunakan selama berabad-abad untuk meredakan ketegangan dan kecemasan. Anda dapat menghirup aroma lavender yang menenangkan atau mencampurkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam mandi air hangat untuk membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati Anda selama PMS.

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik alami. Ini dapat membantu meredakan nyeri perut dan kram yang sering terjadi selama PMS. Anda dapat menambahkan kunyit segar atau bubuk kunyit ke dalam makanan atau minuman Anda untuk merasakan manfaatnya.

Dong Quai

Dong Quai adalah herbal populer dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengatasi gangguan menstruasi. Tumbuhan ini diketahui memiliki sifat pengatur hormonal dan dapat membantu meredakan gejala PMS seperti nyeri payudara, kram, dan perubahan mood. Anda dapat mengonsumsi suplemen dong quai setelah berkonsultasi dengan dokter atau ahli pengobatan herbal.

Ginger (jahe)

Jahe adalah obat herbal yang sering digunakan untuk meredakan mual dan muntah. Selain itu, jahe juga memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik yang dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan yang terkait dengan PMS. Minumlah teh jahe hangat atau tambahkan irisan jahe segar ke dalam makanan atau minuman Anda untuk mendapatkan manfaatnya.

Meskipun obat herbal alami dapat membantu meredakan gejala PMS, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli pengobatan herbal sebelum mengonsumsinya, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau mengonsumsi obat-obatan lain. Mereka dapat memberikan saran yang tepat berdasarkan kondisi dan kebutuhan Anda.

Selain mengonsumsi obat herbal, tetaplah menjaga pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan lakukan teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi untuk membantu mengurangi gejala PMS secara alami. Jika gejala PMS Anda parah atau mengganggu aktivitas sehari-hari, segera temui dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dengan menggunakan obat herbal alami dan mengadopsi gaya hidup yang sehat, Anda dapat mengatasi gejala PMS dengan cara yang praktis dan alami. Tetaplah mendengarkan tubuh Anda dan berikan diri Anda waktu untuk beristirahat dan merawat diri sendiri selama periode PMS.

Baca Juga: