RF

Tips Belanja Hemat 100 Ribu Satu Minggu, Ibu Rumah Tangga Wajib Coba!

19 Mei 2022  |  163x | Ditulis oleh : Admin
Tips Belanja Hemat 100 Ribu Satu Minggu, Ibu Rumah Tangga Wajib Coba!

Ditengah kondisi harga sembako yang semakin mahal karena harganya terus saja naik, tentunya sebagai ibu rumah tangga harus bisa menghemat uang belanja. Apalagi jika gaji suami belum ada kenaikan, ditambah lagi harga minyak goreng saat ini yang naik dua kali lipat dari harga biasanya. Tentunya para ibu harus benar-benar bisa menghemat pengeluaran terutama uang belanja untuk memasak sehari-hari.

Saat ini tentu tips belanja hemat 100 ribu seminggu sering dicari kaum ibu rumah tangga yang ingin hidup hemat. Sayangnya mayoritas ibu gagal menerapkannya karena jumlah uang jajan lebih besar ketimbang uang untuk makan. Alhasil pengeluaran sehari-hari besar, bahkan diatas 100 ribu.

Seorang ibu rumah tangga menjadi peran utama apakah pengeluaran rumah tangga akan membengkak atau tidak. Untuk itulah, kaum ibu harus pandai membagi nafkah suami untuk berbagai kebutuhan keluarga. Untuk anggaran belanja, berikut ada tips yang bisa diterapkan agar uang 100 ribu bisa untuk seminggu:

Membuat List Menu Masak Satu Minggu

Tips belanja hemat 100 ribu seminggu pertama adalah membuat list menu masak selama satu minggu. Catatlah list menu makan beserta bumbu yang harus dibeli, misalnya hari senin memasak tumis kangkung dengan tempe dan membeli bumbu dapur. Misalnya mengkreng cengis dan bawang. Pastinya di hari selasa tak perlu membeli bumbu dapur karena belum habis.

Belanja di Warung Sayur atau Pasar

Sebagian ibu rumah tangga memilih belanja di supermarket karena dianggap belanjaan lebih higienis dan tampak mewah. Padahal belanja di supermarket awalnya pun dari pemasok belanja seperti yang di supermarket. Hanya saja dikemas semenarik mungkin dan dicuci bersih sehingga memikat konsumen karena tampilannya kekinian.

Untuk mendapatkan belanja hemat, lebih baik belanja aneka belanja di warung sayur maupun pasar. Harga di pasar maupun di warung lebih murah, bahkan Anda bisa menawar kembali sehingga hasilnya paling murah. Bahkan, jika Anda belanja besar-besaran untuk acara hajatan maupun lainnya bisa mendapat potongan harga besar.

Menyimpan Sayur dan Buah di Wadah Tertutup

Menyimpan bahan makanan di wadah tertutup termasuk tips belanja hemat 100 ribu seminggu karena wadah tertutup membuat bahan makanan lebih awet. Anda bisa menyimpan kangkung atau sayuran lain setelah masak untuk makan siang, taruhlah sisa kangkung untuk makan malam.

Sebaliknya, jika Anda belanja bahan makanan cukup banyak bisa diolah menjadi menu makan untuk 2 hari. Misalnya Anda membeli 1 buah kol ukuran besar beserta wortel, Anda bisa masak sayur sop ceker di hari pertama. Sementara hari kedua bisa dibuat tumis kol serta bahan makanan lain seperti bakso, caisim dan lainnya.

Masak Sekali untuk Sehari

Anda malas memasak 2 kali sehari? Cara tersebut bisa dijadikan acuan Anda hidup hemat. Pasalnya masak sekali untuk sehari efektif menghemat belanjaan keluarga Anda, Anda bisa masak saat pukul 11 siang agar makanan masih lezat dimakan sore atau malam hari sekitar pukul 7 malam. Agar makanan tetap lezat, hangatkan makanan di sore hari atau saat akan menyantap makanan di malam hari.

Banyak menu hemat ibu rumah tangga yang bisa dijadikan tips belanja hemat 100 ribu seminggu. Untuk itulah ke 4 tips diatas bisa dijadikan acuan agar pengeluaran tidak membengkak. Para ibu rumah tangga juga bisa mencari resep masakan hemat yang bisa dijadikan menu masakan untuk sehari-hari agar tidak cepat bosan.

Baca Juga: