RajaKomen

Lebih Jauh Mengenal Kain Katun Untuk Bahan Berbagai Jenis Pakaian

10 Sep 2021  |  97x | Ditulis oleh : Admin
Kain Katun

Kain Katun sudah sejak lama di percaya oleh masyarakat indonesia sebagai salah satu kain terbaik yang sering digunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian. Dari mulai kerudung, gamis, atasan pria dan wanita, celana, sprei, kaos kaki, dan lain sebagainya. Dalam dunia industri pakaian di indonesia kain katun menjadi bahan yang paling sering digunakan, karena selain murah pakaian dari bahan kain katun tidak panas dan mampu menyerap keringat dengan baik.

Tapi sebenarnya masih banyak orang yang belum mengetahui secara detail apa itu kain katun. Dari namanya sendiri katun memang berasal dari kata cotton yang artinya kapas, karena kain katun memang terbuat dari kapas yang disatukan oleh serat kapas itu sendiri. Itulah sebabnya bahan dari kain katun akan terasa lebih lembut ketika bersentuhan dengan kulit. Dan sangat nyaman ketika kita kenakan baju yang terbuat dari bahan katun. Bahan katun juga sangat bisa digunakan di cuaca panas maupun dingin, dan itu sangat cocok dengan iklim di indonesia.

Untuk membuat pakaian menggunakan kain katun tentu kita harus paham dulu karakteristik bahan katun yang akan kita beli. Karena kain katun juga mempunyai perbedaan satu sama lain, dan yang membedakannya adalah ketebalan dari kain katun tersebut. Kain katun yang tipis biasanya sering digunakan untuk pakaian seperti kemeja, gamis, kerudung dan jenis pakaian lain yang mudah lecek.

Bahan Katun yang agak tebal dan tidak gampang lecek biasanya di pakai untuk pembuatan kaos yang banyak dijual di distro. Untuk bahan yang lebih tebal lagi biasanya akan di gunakan dalam pembuatan jaket atau sweater karena akan membuat hangat para pamakainya. Jadi sebenarnya bahan katun ini sangat banyak jenisnya, dan bisa dibuat berbagai macam produk pakaian.

Itulah kenapa bahan kain katun sangat banyak kita temukan di dunia industri pakaian, bahkan para penjual kain di pasar kain lebih mengutamakan kain katun untuk stok kain ditokonya. Selain banyak kelebihannya kain katun juga memiliki beberapa kekurangan, seperti mudah lecek, mudah luntur, dan beberapa bahan kain katun bahkan ada yang tipis atau menerawang.

Untuk mempermudah membedakan jenis katun dan tidak bingung memilihnya, berikut ini beberapa jenis katun yang ada di pasaran indonesia:

1. Katun Jepang

Ciri dari kain ini memiliki beragam corak dan mempunyai warna yang cerah, jenis kain premium yang memiliki harga sedikit mahal.

2. Katun Linen

Kain katun linen juga termasuk kain dengan harga sedikit mahal dikarenakan kerumitannya dalam proses produksi. Cirinya adalah sedikit kaku tapi lembut dan dingin ketika dikenakan.

3. Katun Flanel

Pasti sudah banyak yang tahu bahwa katun jenis ini sering digunakan untuk kemeja, ciri bahannya adalah lembut memiliki serat halus dan hangat ketika digunakan.

4. Katun Rayon

Ciri dari bahan ini adalah memiliki permukaan yang sedikit berkilau, dan ketika dikenakan ada sensasi dingin pada kulit, ringan, nyaman dan tidak licin.

5. Katun Silk

Katun jenis ini lebih sering digunakan untuk pembuatan rok atau gaun wanita, karena memiliki tekstur licin dan terkesan elegan bagi si pemakainya.

6. Katun Combed

Bahan satu ini juga pastinya sudah banyak yang tahu, karena sering digunakan sebagai bahan pembuatan kaos distro.

7. Katun Spandek

Jenis katun satu ini juga sering digunakan untuk pembuatan kaos terutama jersey olah raga karena bisa melar atau elastis.

8. Katun Denim

Nah, untuk jenis katun satu ini lebih sering digunakan untuk pembuatan celana seperti rok maupun celana jeans atau bisa juga untuk pembuatan jaket.

9. Katun Bambu

Katun ini mempunyai bahan campuran antara serat kapas dan serat bambu, tentunya bahan ini ramah lingkungan, juga anti bakteri dan bisa menyerap keringat dengan baik.

10. Katun Biasa

Nah ini dia katun yang tadi kita bahas diatas, katun yang sering digunakan banyak pengusaha pakaian. Karena memang memiliki harga yang paling murah dari jenis lainnya. Tetapi katun biasa juga masih bisa menyerap keringat dengan baik dan lumayan nyaman jika dikenakan.

Itulah sebagian besar jenis kain katun yang perlu anda ketahui, selain itu masih banyak lagi jenis kain lainnya. Tentunya dengan ciri khas dan keunggulannya masing-masing. Jadi untuk anda yang akan memulai bisnis pakaian, tentu sudah tidak kebingungan lagi memilih kain katun yang sesuai dengan yang anda inginkan.

Baca Juga: