Al Masoem

Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan

25 Jan 2024  |  185x | Ditulis oleh : Admin
pesantren Al Masoem

Belajar akan terasa menyenangkan jika anda belajar dengan metode dan jenis atau gaya belajar yang tepat. Maka dari itu jika anda merasa pembelajaran yang anda dapatkan selama di sekolah sangat tidak menyenangkan maka sudah pasti bahwa gaya belajar yang diberikan guru selama di sekolah tidak sesuai dengan gaya belajar anda sebagai siswa atau peserta didik. Sebelum kita bahas lebih dalam apakah ada metode untuk belajar efektif dan menyenangkan. Mari kita bahas dlu apa itu gaya belajar dan jenis jenisnya.

Pengertian Gaya Belajar dan Jenisnya 

Gaya belajar adalah cara yang disukai seseorang untuk menerima dan memproses informasi. Gaya belajar dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, yaitu:

Visual : 

orang yang memiliki gaya belajar visual lebih mudah belajar dengan melihat. Mereka lebih suka membaca, menggunakan grafik, dan gambar untuk membantu mereka memahami informasi.

Auditori : 

orang yang memiliki gaya belajar auditori lebih mudah belajar dengan mendengar. Mereka lebih suka mendengarkan ceramah, mendengarkan audio, dan berdiskusi untuk membantu mereka memahami informasi.

Kinestetik : 

orang yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih mudah belajar dengan melakukan sesuatu. Mereka lebih suka terlibat secara fisik dalam pembelajaran, seperti melakukan eksperimen, bermain game, atau bekerja di laboratorium.

Selain itu, ada juga beberapa gaya belajar lainnya, seperti gaya belajar olfaktori (belajar dengan mencium), gaya belajar gustatory (belajar dengan merasakan), dan gaya belajar digital (belajar dengan menggunakan teknologi).

Gaya belajar seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor genetik, lingkungan, dan pengalaman. Gaya belajar dapat berubah seiring waktu, tetapi umumnya tetap stabil selama masa dewasa.

Memahami gaya belajar diri sendiri dapat membantu kita belajar lebih efektif. Dengan menggunakan gaya belajar yang disukai, kita dapat lebih mudah memahami informasi dan mengingatnya.

Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan

Setelah paham tentang gaya, selanjutnya akan kami bahas tips belajar efektif dan menyenangkan yang bisa dilaksanakan siswa dan peserta didik baik di sekolah dan di rumah maupun di asrama dan pesantren. Diantaranya adalah : 

Buat Suasana Belajar yang Nyaman

Setelah kamu memahami gaya belajarmu, kamu bisa membuat suasana belajar yang nyaman sesuai gaya belajarmu. Misalnya tipe Auditori dengan memilih lagu yang sesuai dengan mood. Kita juga bisa menyesuaikan tempat untuk belajar agar nyaman juga. Untuk tipe visual anda bisa membantu proses belajar anda dengan bantuan visual seperti gambar atau video atau berbagai macam hal yang berbau visual.

Kembangkan Materi Yang Sudah Dipelajari

Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara belajar ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis, dan kita akan lebih mengingat juga memahami materi yang baru saja dipelajari

Mencatat Pokok-Pokok Pelajaran

Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian atau dalam kata lain membuat rangkuman materi yang kita pelajari. Bisa juga membuat peta konsep, karena ini akan menambah daya ingat kita akan materi pelajaran.

Belajar Itu Memahami Bukan Menghafal

Fungsi pertama kita harus belajar adalah memahami hal hal baru. Kita boleh hafal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihafal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran!

Jadi sudah tahu kan bagaimana tips belajar yang efektif dan menyenangkan. Semua bukan patokan baku hanya bisa dijadikan sebagai referensi semata saja. Barangkali ada yang sesuai dengan gaya belajar kamu maka sesuaikan saja dengan apa yang kamu rasa itu baik untuk kamu.

 

Berita Terkait
Baca Juga: