RajaKomen

Asah Kemampuan Berkomunikasi dan Presentasi: Ekstrakurikuler Jurnalistik Sains SMP Islam Al Masoem

20 Jun 2024  |  40x | Ditulis oleh : Admin
pesanten Al Masoem Bandung

SMP Islam Al Masoem di Bandung merupakan salah satu SMP di Bandung yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang sangat mendukung dalam melatih kemampuan berkomunikasi dan presentasi siswa. Salah satu ekstrakurikuler yang menjadi unggulan di sekolah ini adalah Jurnalistik Sains, yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar menulis, berbicara di depan umum, serta mempresentasikan hasil karyanya.

Dalam kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik Sains, siswa diajarkan teknik-teknik dasar dalam menulis artikel ilmiah dan popular sains. Mereka juga diajarkan untuk melakukan wawancara, observasi, dan penelitian sehingga dapat menghasilkan karya yang berkualitas. Hal ini tidak hanya membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan menulis, tetapi juga kemampuan berkomunikasi secara lisan maupun tertulis.

Selain itu, dalam kegiatan ekstrakurikuler ini, siswa diajak untuk terlibat dalam proses produksi majalah sekolah yang berisi artikel-artikel ilmiah dan popular sains. Dengan demikian, mereka tidak hanya belajar cara menulis yang baik dan benar, tetapi juga belajar cara mempresentasikan informasi dengan menarik dan informatif. Proses produksi majalah sekolah juga melibatkan siswa dalam berbagai peran, seperti penulis, editor, fotografer, serta pembuat desain grafis, sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan kreatif mereka.

Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik Sains, siswa di SMP Islam Al Masoem di Bandung dapat memiliki kesempatan untuk belajar dan mengasah kemampuan berkomunikasi dan presentasi secara menyeluruh. Mereka tidak hanya belajar teknik-teknik dasar dalam menulis dan berbicara, tetapi juga memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan kemampuan-kemampuan tersebut dalam dunia nyata melalui pembuatan majalah sekolah. Dengan demikian, siswa dapat menjadi pribadi yang percaya diri dan mampu berkomunikasi dengan baik, serta memiliki kemampuan presentasi yang handal di masa depan.

Sekolah-sekolah di Bandung, khususnya SMP Islam, perlu memperhatikan betapa pentingnya kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan kemampuan berkomunikasi dan presentasi siswa. Kegiatan-kegiatan seperti Jurnalistik Sains di SMP Islam Al Masoem dapat menjadi contoh yang baik dalam penerapan metode pembelajaran yang mendukung pengembangan kompetensi-kompetensi ini.

Berita Terkait
Baca Juga: